Tabloid NMax

Situs informasi seputar Yamaha Nmax, Modifikasi Nmax dan Berita Otomotif Indonesia

Beberapa Tips Untuk Mengatasi shock Nmax Keras

Beberapa Tips Untuk Mengatasi shock Nmax Keras - Akhrinya penantian kita selama ini terjawab sudah. Pihak Yamah telah mengeluarkan salah satu karya terbaiknya atau bisa dikatakan karya yang satu ini merupakan sebuah karya yang akan menjadi pesaing bagi motor matic keluaran Honda yang selama beberapa waktu kemarin sudah mendapatkan banyak peminat dibandingkan dengan produk motor matic Yamaha maupun perusahaan lainnya.



Akan tetapi, dengan keluarnya Yamaha Nmax maka hal ini akan membuat Honda sudah mulai merasa khawatir, pasalnya pada hari pertama penjualan Yamaha Nmax langsung banyak sekali pelanggan yang berbondong – bondong ingin mendapatkan motor matic ini.

Tentunya hal ini bukan tanpa alasan karena memang Yamaha Nmax merupakan motor yang dibut dengan desain yang sangat elegan dan yang paling menonjol dari Yamaha Nmax adalah beberapa fiturnya yang akan membuat banyak pecinta matic jatuh hati kepada motor tersebut.

Selain itu, Yamaha Nmax memang dirancang untuk membuat pelanggan atau pengendara semakin nyaman ketika menaiki motor ini terutama bagi mereka yang hobi atau memiliki kebiasan berkendara motor dalam jarak yang jauh.

Banyak sekali keunggulan dari Yamaha Nmax yang harus anda ketahui sehingga akan membuat anda tidak ragu lagi untuk membeli motor matic yang satu ini. Yamaha Nmax dirancang dengan memiliki stang yang hampir mirip dengan stang berjenis nacked yang akan membuat motor ini terlihat sangat elegan dan stylist.

Selain itu, jika kita berbicara mengenai desain body dari Yamaha Nmax maka anda akan menemukan bahwa motor ini memiliki body yang berdimensi sangat besar. Memang seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tujuan dari Yamaha Nmax adalah selain untuk menciptakan sebuah motor matic yang sangat elegan dan stylist, namun juga tidak melupakan kenyamanan bagi para pengendaranya. Dan bahkan, kenyamanan pelanggan menjadi prioritas utama dalam pembuatan Yamaha Nmax.

Oleh sebab itu, banyak sekali masyarakat yang memiliki hobi touring untuk lebih memilih menggunakan Yamaha Nmax dibandingkan dengan produk lainnya karena mereka berpendapat bahwa tubuh mereka tidak akan merasakan sakit atau nyeri ketika berkendara dengan Yamaha Nmax dalam jarak tempuh yang sangat jauh, berbeda jika mereka menggunakan produk motor matic lainnya yang akan merasakan nyeri atau sakit pada bagian punggung, padahal masih berkendara dalam jangka waktu 1 sampai dengan 3 jam.

Beberapa keunggulan lain dari motor Yamaha Nmax adalah mengenai sistem pengeremannya yang menggunakan Anti Lock Brake System atau yang disingkat dengan ABS. Keunggulan dari sistem pengereman jenis ini adalah akan membantu meminimalisir terjadinya kecelakaan, karena ketika anda melakukan pengereman secara mendadak maka fitur ini akan membantu agar supaya ban tidak terkunci secara tiba – tiba yang mana faktor inilah yang sering menjadi sebab pengendara sering jatuh dari motornya ketika mengerem secara mendadak.

Keunggulan lain dari Yamaha Nmax adalah mesinnya yang sudah tidak perlu diragukan lagi akan kehebatannya. Dan juga memiliki desain velg yang lebar dimana hal ini selain akan memberikan nilai tambah untuk membuat Yamaha Nmax semakin terlihat elegan, namun akan membuat pengendara semakin nyaman.

Dengan semua keunggulan tersebut tentunya tidak ada alasan lagi untuk anda tidak mengagumi dan mengakui kehebatan dari Yamaha Nmax. Meskipun begitu, masih ada salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh pelanggan setia Yamaha atau para pecinta motor matic.

Adapun keluhan yang kami maksud adalah mengenai shocbreaker dari Yamaha Nmax yang terkesan sangat keras, terlebih lagi shockbreaker yang ada pada ban belakang. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa cara atau tips mengatasi shock Nmax keras yang harus anda perhatikan.

1# Mengganti Shockbreaker

Mungkin anda belum tahu bahwa baru – baru ini pihak Yamaha telah mengkonfirmasi bahwa mereka telah menyediakan aksesoris baru dan resmi yang disebut dengan Soft Rear Shockbreaker. Shockbreaker ini diketahui telah rilis bersamaan dengan ketika Yamaha memperkenalkan salah satu motor terbaik mereka yakni Nmax non ABS.



Jika anda memiliki masalah pada shockbreaker Yamaha Nmax anda, maka yang harus anda lakukan adalah dengan menggantinya. Meskipun begitu, masih banyak para pelanggan yang masih mengeluhkan perihal tersebut meskipun pihak Yamaha sudah memberikan solusi mengenai masalah pada shockbreakernya.

Mengapa demikan? Karena yang mereka keluhkan adalah shockbreaker tersebut tidak dijual satu paket bersama Yamaha Nmax. Akan tetapi, shockbreaker jenis ini hanya digunakan atau berperan sebagai aksesoris resmi.

Dengan kata lain, jika anda ingin mendapatkan Shock Rear Shockbreaker ini, maka yang harus anda lakukan adalah dengan mengeluarkan uang tambahan untuk mendapatkannya. Mengenai harga dari shockbreaker jenis ini, kami telah melakukan penulusuran dan hasilnya adalah Shock Real Shockbreaker dijual dengan harga sekitar Rp. 280.000.

Parahnya lagi, berhubungan harga tersebut hanya untuk satu bagian saja, dan berhubung suspensi Yamaha Nmax ada 4 bagian dimana 2 di depan dan 2 dibelakang, maka misalnya anda ingin memperbaiki shockbreaker bagian belakang, anda harus mengeluarkan biaya dua kali lipat yakni Rp. 560.000. Tentu harga inilah yang menjadi penyebab banyak pelanggan atau pecinta motor matic menjadi seolah – olah dirugikan karena harga yang sangat mahal tersebut.

2# Memotong Plastik Bantalan

Jika tips sebelumnya membuat anda merasa pusing, maka masih ada satu trik lagi yang bisa anda lakukan yakni dengan melakukan pemotongan pada bagian platik bantalan yang tentunya anda tidak harus mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk melakukan trik ini.

Tujuan dari pemotongan plastik bantalan ini adalah agar supaya bantingannya terasa lebih lembut. Adapun mengenai cara yang harus anda lakukan jika ingin melakukan trik ini adalah seperti di bawah ini:

  • Ambil penggaris maupun pisah dan kemudian anda harus ukur 1 cm dari bagian atas ujung shock. Anda bisa memberi tanda dengan menggunakan pensil atau pisau melingkar.
  • Kemudian anda ambil gergaji, bisa menggunakan gergaji besi atau juga gergaji paralon. Anda hanya perlu menggergajinya secara melingkar dan tidak perlu terlalu keras. Jika anda merasa sudah menyentuh pada bagian logam, maka anda harus berhenti dan jangan sampai tetap melanjutkan.
  • Setelah anda menggergaji dengan posisi miring, maka selanjutnya anda harus menggergaji dengan posisi serong dengan dua sisi yang berlawanan. Hal ini bertujuan agar supaya anda lebih mudah mencongkel plastik yang nantinya akan dibuang tersebut.
  • Selanjutnya anda bisa mulai mencongkel plastik tersebut dengan menggunakan obeng dan ulangi langkah ini untuk bagian shock lain.

Itulah trik yang bisa anda lakukan. Akan tetapi, kami sarankan agar supaya anda lebih baik membawanya ke bengkel atau dilakukan oleh orang – orang yang memang sangat ahli dalam bidang ini. Jika anda melakukannya sendiri atau mempercayakannya kepada orang yang tidak ahli, maka kerusakan yang hanya akan anda dapatkan.

Namun, kami lebih menyarankan agar anda membeli produk shockbreaker yang sudah disediakan oleh pihak Yamaha karena hal ini lebih aman dari resiko meskipun harus mengeluarkan harga yang tidak sedikit. Demikian informasi yang kami buat, semoga dapat membantu anda terima kasih.
Show Comments