Tabloid NMax

Situs informasi seputar Yamaha Nmax, Modifikasi Nmax dan Berita Otomotif Indonesia

Cara Membuat Matic Vario 125 Menjadi Lebih Kencang Sejak Putaran Bawah

Honda Vario 125 merupakan salah satu varian motor matic terlaris dari Honda. Bentuk motor ini yang cukup besar membuatnya menjadi matic pilihan lelaki, sebelum akhirnya kini muncul Vario 150, Yamaha Nmax juga Aerox. Terlepas dari itu semua, Vario 125 tetap laris dalam hal penjualan. Sayangnya Vario 125 memang tidak seperkasa Vario 150 dalam hal akselerasi maupun kecepatan puncak.


Maka dari itu banyak biker pemilik motor ini ingin untuk membuat Honda Vario techno 125 menjadi lebih kencang terutama sejak di putaran bawah. Kalau kamu termasuk salah satu diantaranya, jangan khawatir karena kami akan memberikan tips tips mudah dan efektif untuk meningkatkan tarikan bawah matic Vario 125.


Cara Membikin Honda Vario Lebih Kencang 


Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan tenaga matic ini. Dan berikut dibawah ini merupakan beberapa poin penggantian part yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan torsi bawah Vario 125 agar semakin nyaman ketika digunakan riding di perkotaan yang identik dengan stop n go.


1. Ganti Roller 


Langkah pertama yang paling penting adalah melakukan penggantian roller CVT. Part substitusi yang bisa digunakan adalah roller orisinil milik Suzuki Skydrive, Skywave atau Honda Vario 150. Sebagai informasi, roller asli Vario 125 memiliki berat 18 gram. Sementara berat roller matic Skydrive adalah 15 gram dan Honda Vario 150 adalah 15,5 gram.

Kenapa harus mengganti roller dengan yang beratnya lebih ringan?. Sederhana saja karena penggunaan roller yang lebih ringan akan mampu mendorong pully lebih cepat. Sehingga otomatis akselerasi atau tarikan bawah Vario 125 menjadi lebih kencang.


2. Ganti Per CVT 


Cara berikutnya untuk memperkuat akselerasi Vario 125 adalah melakukan penggantian per CVT. Per CVT yang paling cocok untuk Vario 125 adalah milik Honda PCX 150. Pastikan juga untuk substitusi dengan per CVT yang ori karena pasti memiliki daya tahan yang lama.

Berita baiknya meskipun berbeda motor, per CVT milik Honda PCX dapat dipasang dengan mudah pada Vario. Sehingga kamu tidak akan menemui kesulitan berarti dalam mensubstitusi part yang satu ini. Harga per CVT Honda PCX 150 juga tidak mahal, hanya sekitar Rp 35 ribuan di dealer resmi Honda.


3. Tips Lain Meningkatkan Top Speed Vario 125 


Berikut ini adalah beberapa tips lain yang dapat kamu coba selain dua tips utama diatas. Cara-cara dibawah ini terbilang lebih mahal untuk dilakukan namun tentu saja efektif dilakukan pada Vario 125.


Ganti Klep

Kamu bisa mengganti klep standar Vario 125 dengan milik PCX 150. Kelemahannya adalah biaya yang dikeluarkan tentu tidaklah murah. Solusinya jika dana kamu terbatas, kamu cukup mengikis bagian belakang klep standar Vario 125 agar menjadi lebih lancar.


Porting Polish Injector

Lakukan poles pada bagian head selanjutnya korek lubang in dan out. Tidak perlu terlalu banyak, cukup 0.3 - 0.5 mm agar bagian kulit jeruk hilang, gunakan amplas untuk melakukannya.


Ubahan ECU

Langka terakhir, lakukan sedikit ubahan pada bagian ECU atau Electronic Control Unit. Yaitu dengan melakukan penggantian injector, kamu bisa menggunakan injector milik Honda PCX 150. Pemasangannya pun mudah tanpa perlu melakukan modifikasi khusus.

Cara lain yang bisa kamu lakukan demi membuat Vario 125 menjadi lebih bertenaga adalah dengan meningkatkan CC nya menjadi 150. Yaitu dengan mengganti blok mesin dengan milik Honda PCX 150 maupun Vario 150. Namun tentu saja cara ini mahal di terapkan dan kami tak merekomendasikannya kecuali kamu punya banyak uang tak terpakai.

Demikianlah ulasan beberapa tips meningkatkan Tarikan bawah hingga top speed Vario 125 layaknya matic 150 cc. Semoga panduan ini bermanfaat dan dapat menjadi rujukan bagi kamu.

Show Comments