Tabloid NMax

Situs informasi seputar Yamaha Nmax, Modifikasi Nmax dan Berita Otomotif Indonesia

Cara Mengatasi Mesin Motor Injeksi Mati Total


Sepeda motor adalah alat transportasi yang sangat berguna untuk bepergian kapan saja. Maka ketika  motor Kita rusak atau tidak menyala tentu akan membuat Kita panik.

Apalagi jika kita sedang dalam perjalanan jauh dan mendadak motor mati sendiri bahkan mati total. Tentu kepala jadi pusing cenut cenut memikirkan penyebab dan caranya mengatasi motor injeksi mati total.


Untuk menambah wawasan Anda tentang dunia otomotif dan juga sebagai ilmu yang mungkin kedepannya Anda butuhkan jika motor injeksi Anda tidak mau menyala, tak ada salahnya Anda lanjutkan membaca artikel ini.

Berikut Kami berikan beberapa tips cara mengatasi motor injeksi yang mendadak mati sendiri dan bahkan mati total. 

1. Periksa Bensin Anda 

Ini sepele, tapi mungkin saja bukan bahwa motor matic injeksi Anda mati total atau mendadak mati karena kehabisan bensin. Tak ada salahnya Anda cek dulu bensin Anda apakah masih ada atau sudah habis, baru lanjutkan dengan mengecek bagian lainnya.

2. Periksa Kelistrikan dan Aki Motor

Selanjutnya cobalah periksa kelistrikan atau aki motor Anda. Siapa tahu aki motor Anda sudah soak sehingga motor matic injeksi Anda tidak bisa menyala.

Ciri ciri bahwa aki motor injeksi soak adalah lampu pada panel speedometer tidak menyala dan kelakuan tidak dapat dibunyikan ketika kunci kontak di On kan. Motor matic injeksi juga tidak akan dapat di starter jika akinya habis, akan tetapi dapat menyala jika di engkol atau digenjot.

Tetapi jangan buru buru mengganti aki, karena tanda tanda tersebut juga dapat disebabkan karena kerusakan fuse atau sekering. Periksa dahulu fuse kelistrikan di motor Anda, jika masih bagus maka kemungkinan besar aki Anda memang sudah soak.

Jika aki Anda sudah soak, jalan satu satunya hanya dengan mengganti aki dengan yang baru.


  • Tips lainnya untuk menyalakan motor matic injeksi yang mati total adalah dengan cara berikut:
1.  Putarlah kunci kontak pada posisi "Off"
2. Coba hidupkan motor dengan link starter, engkol antara 4-5 kali.
3. Kemudian putar kembali kunci kontak ke posisi "On"
4. Selanjutnya coba hidupkan dengan menekan electric starter.
5. Jika Anda beruntung, motor matic injeksi Anda akan dapat menyala kembali. Namun apabila cara ini gagal Anda dapat mencoba tips selanjutnya dibawah.


  • Tips lainnya untuk menghidupkan motor injeksi yang mati total dengan cara mengecek kelistrikan :
1. Langkah pertama cek dulu bensin Anda apakah sudah benar benar habis.
2. Putar kunci kontak pada posisi "On", jika lampu indikator pada speedometer tidak menyala, lalu tombol klakson dan sein juga tidak berfungsi berarti fungsi kelistrikan di motor Anda tidak berfungsi.
3. Lakukan pengecekan pada fase atau sekering motor.
4. Jika fuse normal, berarti yang rusak adalah aki Anda atau soak, solusinya yaitu dengan mengganti aki dengan yang baru.

Seperti itulah tips dan cara mengatasi motor injeksi yang mati total atau mendadak mati. Cobalah tips diatas untuk menghidupkan motor matic injeksi Anda yang tidak mau menyala.
Show Comments