Tabloid NMax

Situs informasi seputar Yamaha Nmax, Modifikasi Nmax dan Berita Otomotif Indonesia

6 Tips Jitu Sebelum Membeli Nmax Bekas Agar Tidak Salah Beli

6 Tips Jitu Sebelum Membeli Nmax Bekas Agar Tidak Salah Beli - Daya tarik masyarakat terhadap Yamaha Nmax sudah tidak bisa terbendung lagi karena memang motor baru keluaran Yamaha ini memiliki keunggulan dari segala sisi dan terlebih motor ini sangat nyaman sekali dikendarai dalam perjalanan yang sangat jauh.

Kita semua tidak menyangka bahwa meskipun Yamaha Nmax tersebut dibanderol dengan harga di atas 20 juta, akan tetapi hal itu sama sekali tidak mempengaruhi daya tarik masyarakat untuk tidak membeli motor matic tersebut.

Cermat Dalam memilih nmax bekas Pic : Kaskus


Perlu anda tahu bahwa sebelumnya, yakni antara tahun 2015 sampai dengan 2016, diketahui bahwa Honda selalu menjadi terdepan dalam urusan penjualan motor maticnya. Namun ketika sudah mulai menginjak tahun 2017, Yamaha telah mengeluarkan beberapa produk motor maticnya yang akan menjadi pesaing serius bagi motor matic Yamaha, khusunya Honda Vario 125.

Dan bahkan, Yamaha Nmax malah digadang – gadang akan bisa mengalahkan persaingan motor matic yang selama ini diungguli oleh Honda. Sekedar informasi bagi anda bahwa berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari situs resmi Yamaha bahwa motor matic yang sangat menakjubkan ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 25,7 juta OTR atau On The Road untuk daerah Jakarta.

Selain itu, pada dasarnya Yamaha Nmax tersedia dalam dua bentuk varian, yakni varian standar dan juga ada varian lain yaitu Yamaha Nmax ABS. Untuk varian standar dijual dengan harga Rp. 25,7 juta untuk daerah Jakarta. Sementara untuk varian yang lebih tinggi dibanderol dengan harga Rp. 29,6 juta.




Akan tetapi ada beberapa orang yang masih mengeluhkan mengenai mahalnya harga yang dibanderol oleh pihak Yamaha untuk satu unit motor Yamaha Nmax. Maka dari itu, mereka cenderung lebih mencari harga bekas dari motor tersebut namun masih memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda.
Bagi anda yang ingin membeli Yamaha Nmax bekas, anda tentunya tidak bisa langsung memilih motor tersebut secara sembarangan karena yang ada malah nanti anda akan mendapatkan motor Yamaha Nmax dengan kualitas buruk.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips membeli Nmax bekas agar tidak salah beli. Dengan mengetahui informasi ini maka akan membuat anda semakin berhati – hati ketika anda memutuskan untuk membeli Yamaha Nmax bekas.

1# Mengecek Harga Pasaran

Tips yang pertama agar anda tidak sampai salah beli adalah dengan mengecek harga pasaran. Kami sarankan ketika anda ingin mencari Yamaha Nmax bekas, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mencari harga pasaran dari motor tersebut.



Hal ini tentunya sangat penting mengingat kebanyakan motor bekas yang dijual tersebut dibanderol dengan harga yang bervariasi. Dengan kata lain, anda bisa mendapatkan Yamaha Nmax dengan harga yang jauh lebih murah, atau bahkan anda bisa mendapatkan Yamaha Nmax dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan harga Yamaha Nmax terbaru.

Anda bisa mendapatkan informasi mengenai harga pasaran melalui koran, majalah, atau anda juga bisa mendapatkan informasi tentang harga pasaran tersebut melalui situs online yang memang menyediakan informasi tentang harga Yamaha Nmax.

2# Mengecek Nomor Rangka Serta Mesin Motor

Tips kedua yang harus anda lakukan ketika anda ingin membeli Yamaha Nmax bekas adalah dengan mengecek seri atau nomor rangka dan juga mesin motor matic anda. Tujuan dari melakukan pengecekan ini adalah untuk memastikan apakah motor Yamaha Nmax yang dijual benar – benar motor bekas atau malah merupakan motor hasil modifikasi atau bahkan hasil pencurian.



Yang harus anda lakukan adalah hanya dengan mencocokkan nomor rangka dan juga seri mesin motor dengan informasi yang sudah ada pada STNK dan BPKB. Jika misalnya anda menemukan bahwa nomor mesin motor tersebut sama, anda jangan langsung menyimpulkan bahwa Yamaha Nmax asli.

Yang harus anda lakukan selanjutnya adalah yaitu dengan mengecek nomor rangka motor tersebut. Selain itu, anda juga bisa melakukan pengecekan mengenai nomor polisi dengan mengirimkan SMS ke layanan polisi.

Adapun format yang anda gunakan adalah ketik: Metro (spasi) nomor polisi dan kirim ke 1717. Namun ini hanya berlaku untuk wilayah Jakarta. Sementara bagi anda yang berada di area Jawa Timur. Maka format pengecekan yang harus anda lakukan adalah dengan mengetik JATIM (spasi) Nomor Polisi kirim ke 1717 dan tunggu sampai nanti anda akan menerima balasan.

3# Mengecek Kondisi Fisik

Tips yang ketika bagi anda yang ingin membeli Yamaha Nmax bekas adalah dengan melakukan pengecekan terhadap kondisi fisik motor. Anda tentunya sudah tahu bahwa tujuan dari mengecek kondisi fisik Yamaha Nmax adalah untuk memastikan bahwa tidak ada kerusakan yang parah yang menyebabkan adanya goresan, retakan, atau bahkan ada bagian yang pecah.
 
Anda harus mengecek secara seksama dan pastikan bahwa tidak ada satu bagian pun yang mengalami kerusakan parah. Perlu anda tahu bahwa Yamaha Nmax yang mengalami kerusakan pada kondisi fisiknya, tentu akan mempengaruhi terhadap kualitas dan harganya jadi anda jangan mau untuk membayar dengan harga pasaran motor Yamaha Nmax bekas jika anda menemukan bahwa kondisi fisik motor ini sudah berkurang.

Dan yang tidak kalah penting adalah anda harus memastikan bahwa semua bagian pada Yamaha Nmax bekas tersebut masih dalam keadaan orisinil atau asli.

4# Mengecek Kondisi Speedometer
 
Tips membeli Nmax bekas agar tidak salah beli juga bisa anda lakukan dengan melakukan pengecekan terhadap kondisi speedometernya. Anda harus memastikan bahwa tidak ada retak ataupun bekas pembongkaran pada speedometer anda.



Anda juga harus mengecek mengenai sebera jauh motor tersebut telah menempuh perjalanan yang juga bisa anda lihat pada bagian speedometer. Jika anda menemukan bahwa jarak tempuh dari Yamaha Nmax sudah mencapai lebih dari 20.000 KM, maka bisa dipastikan jika anda membelinya maka nantinya anda harus melakukan beberapa perbaikan dan pergantian pada bagian motor tersebut. Hal ini tentunya akan membuuthkan dana yang lebih besar dan dengan kata lain anda akan merugi.

5# Mengecek Kondisi Oli Motor

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan mengecek kondisi oli motor tersebut dengan cara membuka lalu anda mengukur oli yang ada pada mesin Yamaha Nmax. Anda harus memastikan bahwa ukuran oli yang ada di dalamnya tidak berlebihan karena oli yang berlebihan akan menyebabkan suara mesin lebih halus. Hal inilah yang bisanya dilakuakn sebagai trik untuk mengelebuhi calon pembeli yang aslinya motor tersebut memiliki bunyi yang kasar atau berisik.



Atau anda bisa mencoba memasukan jari telunjuk anda pada lubang kenalpot, lalu lihat apakah banyak kotoran hitam atau lengket seperti lem. Dan apabila bersih, maka kondisi motor tersebut bagus, apabila kotor hitam pekat maka mesin dalam kondisi buruk, dan apabila lengket seperti lem maka mesin tersebut rusak.

6# Coba Test Ride ( Jika Bisa)

Cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan tes ride. Di sini anda nantinya akan bisa merasakan sendiri kondisi motor tersebut sambil mengamati kondisi mesin dan juga suara yang dihasilkan dari Yamaha Nmax bekas itu tadi. Dan dengan test ride inilah anda bisa melakukan pengecekan terhadap bagian – bagian lainnya seperti roda, chasis, dan lain sebagainya.

Demikian artikel ini dibuat, semoga memberikan manfaat untuk sahabat tabloid nmax bila ingin membeli motor bekas terutama motor Nmax. Terima kasih.
Show Comments