Tabloid NMax

Situs informasi seputar Yamaha Nmax, Modifikasi Nmax dan Berita Otomotif Indonesia

Tips Mengatasi Bunyi Yang Timbul pada Motor Yamaha Aerox 155

Tips Mengatasi Bunyi Yang Timbul pada Motor Yamaha Aerox 155 - Mungkin tahun 2017 bisa disebut sebagai tahun kebangkitan bagi Yamaha. Setelah pada tahun sebelumnya yakni 2015 dan 2016 perusahaan tersebut gagal dalam menjadi pesaing ketat bagi produk – produk Honda seperti misalnya Honda Vario, namun pada tahun 2017 ini Yamaha disinyalir akan bangkit dan mungkin akan bisa menjadi pesaing yang serius atau bahkan bisa mengalahkan Honda karena mereka telah mengeluarkan produk baru mereka yang digadang – gadang akan mendapatkan hati para pelanggan.

Teliti Dalam menggunakan motor baru


Produk baru dari Yamaha tersebut disebut dengan Yamaha Aerox 155. Ada informasi yang menarik yang disampaikan oleh perusahaan Yamaha bahwa produk yang dikeluarkan tersebut yakni Yamaha Aerox 155, merupakan produk awal diantara serangkaian terobosan dan inovasi yang akan dibuat oleh Yamaha.

Dengan kata lain, kemungkinan masih ada produk motor matic lainnya yang tidak kalah kece dan akan membuat para pelanggan yang semula mengidolakan motor matic dari Honda akan secara berangsur – angsur berpindah halauan ke motor matic Yamaha.

Sekedar informasi bahwasanya Yamaha Aerox 155 mendapat julukan sebagai Maxi Sport Matic karena memiliki desain yang sporty yang dikombinasikan dengan desain kaki - kaki yang terlihat kekar. Bukan hanya mengedepankan desain, Yamaha Aerox 155 juga memberikan banyak fitur yang tentunya wajib anda coba karena anda tidak akan menemukannya pada motor matic lainnya.
Hal ini ditujukan karena pihak Yamaha ingin menarik pelanggan sebanyak – banyaknya, khususnya konsumen yang ada di Indonesia yang mana mereka kebanyak konsumen yang mengedepankan desain body dan juga fitur dari motor matic yang ditawarkan.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh Yamaha Aerox 155 yakni seperti:
  • Mesin 155 cc yang memiliki teknologi VVA atau yang disebut sebagai Variable Valve Actuation.
  • Dilengkapi juga dengan fitur Blue Core yang akan membuat motor matic Yamaha Aerox 155 menjadi lebih efisien dan tidak mudah panas serta memiliki mesin yang lebih tangguh.
  • Dan juga motor Yamaha Aerox 155 dilengkapi dengan SMG atau Smart Motor Generator yang tentunya akan membuat suara motor tersebut lebih halus dan akan membuat pengendara motor ini maupun pengendara lain akan merasa nyaman.
  • Lampu LED yang memiliki desain sporty dan juga lebih tahan awet dan sangat terang ketika digunakan pada daerah yang minim cahaya.
  • Yamaha Aerox 155 juga dilengkapi dengan ban super wheel tubeless tire yakni 110/80-14M/C 53P (depan) dan 140/70-14M/C 62P (belakang).
  • Ada juga tempat untuk mengisi daya baterai untuk smartphone anda yang disebut dengan Electric Power Socket. Teknologi ini akan sangat cocok bagi anda yang memiliki hobi touring yang mana anda tidak perlu repot berhenti di suatu tempat untuk mengisi daya baterai smarphone anda.

Akan tetapi, dibalik semua keunggulan dari Yamaha Aerox 155 yang ditawarkan. Ada suatu kendala atau masalah yang dikeluhkan oleh para pelanggan setia Yamaha. Yakni motor matic ini mengeluarkan bunyi yang jika kita perhatikan maka akan mengganggu meskipun memang tidak ada kaitannya dengan kerusakan motor.

Jangan Salah Memilih Bengkel Sebelum memperbaik Aerox 155


Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda semuanya mengenai bagaimana tips mengatasi bunyi yang timbul pada motor matic Yamaha Aerox 155.
Namun anda harus ingat bahwa anda harus bisa melakukan identifikasi secara tepat agar motor Yamaha Aerox 155 bisa kembali normal. Jika misalnya anda melakukan perbaikan terhadap bagian yang tidak rusak, maka hal ini akan sia – sia dan bahkan malah akan menyebabkan motor anda semakin tidak normal.

Berikut ini tips mengatasi bunyi yang timbul pada motor matic Yamaha Aerox 155 yang harus anda tahu.


1# Memperbaiki Bunyi Tik – Tik Ketika Akselerasi

Tips mengatasi bunyi yang timbul pada motor matic Yamaha Aerox 155 adalah dengan melakukan perbaikan bunyi tik – tik ketika sedang akselerasi. Jika anda ingin merasakan adanya bunyi tersebut, maka yang harus anda lakukan adalah dengan mengendarainya di jalan sepi.

Atau anda juga mendengarkan ketika nantinya anda masuk ke tikungan yang mana mesin motor anda akan bekerja dari kategori RPM rendah sampai menuju ke RPM tinggi secara spontan. Jika anda mengamatinya secara seksama, maka pada dasarnya suara tersebut berasal dari teknologi VVA yang diusung oleh motor matic tersebut.

Sebenarnya hal ini bukan merupakan sebuah masalah. Namun jika anda merasa risih, maka mungkin anda bisa pergi ke bengkel untuk meminta agar supaya mereka meminimalisir suara dari teknologi VVA tersebut agar anda tidak terganggu kembali.

2# Mengatasi Bunyi Kretek – Kretek Ketika Motor Berjalan Pelan

Tips mengatasi bunyi yang timbul pada motor Yamaha Aerox 155 adalah dengan mengatasi bunyi krek – krek ketika motor anda sedang berjalan pelan. Bunyi tersebut sebenarnya keluar tanpa bisa dipredeksi namun yang pasti bunyi itu keluar ketika motor melintasi jalanan rusak alias jalanan yang kurang mulus.

Jika anda mengamatinya secar mendalam, maka anda akan menemukan bahwa yang menjadi sebab adalah pada CVT-nya itu sendiri. Sebenarnya masalah ini tidak akan mengganggu performa motor anda, akan tetapi memang bunyi anda terkesan mengganggu kenyaman berkendara karena anda akan selalu mendengar suara tersebut selama berkendara di jalanan yang kurang mulus.

Oleh sebab itu, yang harus anda lakukan adalah dengan memperbaiki kondisi CVT-nya. Anda bisa pergi ke bengkel. Namun kami sarankan agar supaya anda pergi ke bengkel resmi Yamaha atau bengkel besar karena biasanya ketika anda membanya ke bengkel kecil, mereka tidak akan bisa karena selain minimnya peralatan, mereka mungkin tidak dilatih lebih khusus mengenai Yamaha Aerox 155.

3# Memperbaiki Shockbreaker

Perlu anda tahu bahwa bunyi yang timbul juga bisa berasal dari shockbreaker motor anda. Hal ini akan terasa ketika anda mengendarainya dengan berboncengan. Ada yang berpendapat bahwa alasan mengapa shockbreaker tersebut mengeluarkan bunyi adalah karena desain atau bentuk dari shockbreaker tersebut cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan dimensi Yamaha Aerox 155 yang terlihat masiv.

Untuk cara penanganannya tentunya sangat sederhana. Anda hanya perlu mengganti ukuran dari shockbreaker tersebut dengan menggunakan shockbreaker yang memiliki ukuran lebih besar. Namun kami sarankan agar supaya anda membeli shockbreaker yang memiliki merk yang jelas dan berkualitas.

Jika anda membelinya secara sembarangan dan hanya melihat masalah harganya yang murah, maka yang anda dapatkan nantinya malah shockbreaker tersebut akan lebih buruk dibandingkan dengan shockbreaker yang sebelumnya anda gunakan.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan berkaitan dengan tips mengatasi bunyi yang timbul pada motor Yamaha Aerox 155. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan bagi anda semua pecinta motor matic, khususnya produk – produk motor dari Yamaha. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih.

Show Comments