Tabloid NMax

Situs informasi seputar Yamaha Nmax, Modifikasi Nmax dan Berita Otomotif Indonesia

Cara Merawat Motor Matic Agar Awet dan Performa Maksimal

Motor matic adalah salah satu jenis motor yang paling banyak digunakan oleh berbagai kalangan, selain modelnya yang beragam cara mengoperasikan jenis motor satu ini juga sangat mudah sehingga pemilik yang baru memiliki motor pun dapat dengan mudah mengendarainya. Namun jika di bandingkan dengan motor manual, ada beberapa perbedaan yang perlu digarisbawahi ketika merawat motor matic. Beberapa cara merawat motor matic di bawah ini akan sangat penting untuk dilakukan supaya motor matic tetap awet dan penampilannya gres tidak memudar.


Tips Merawat Sepeda Motor Matic


1. Melakukan Service Secara Rutin

Cara merawat motor matic yang pertama adalah dengan melakukan service secara rutin. Perawatan ringan tidak hanya dilakukan saat motor matic mengalami masalah saja, namun juga harus dilakukan secara berkala. Petugas dari bengkel resmi akan memberikan berbagai treatment sesuai dengan catatan di riwayat buku servis. Karena setiap motor matic memiliki riwayat berbeda, maka servicenya harus dilakukan setiap 3 bulan sekali.

Dari pengecekan service tersebut akan diketahui berapa kilometer yang sudah ditempuh, performa mesin yang dimiliki serta beberapa hal yang perlu dilakukan penggantian agar performa motor tetap prima. Tanpa perawatan  rutin maka akan sulit mengetahui apa saja apa saja part yang perlu di ganti. Jadi, sebaiknya lakukan service secara rutin di bengkel resmi dan selalu bawa buku service untuk mengetahui riwayat kondisi motor.

2. Memanasi Mesin Motor

Adakalanya, pemilik motor matic sering lupa memanaskan mesin karena sering tidak dipakai dan dalam posisi sangat sibuk. Namun, tidak memanasi mesin motor bisa mengakibatkan hal buruk terjadi. Bayangkan saja, jika motor tiba – tiba dipaksa berjalan dalam kondisi sudah lama tidak dipanaskan. Maka yang terjadi adalah kemacetan dalam bagian mesin dan bisa mengakibatkan mogok.

Oleh karena itu, terapkan cara merawat motor matic yang kedua ini supaya tidak sampai terjadi hal buruk di jalan. Memanasi mesin motor tidak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar 10 -  15 menit. Jadi, sesibuk apapun si pemilik, akan sangat bijaksana untuk tetap memanasi mesin motor dan memastikan kondisinya normal.

3. Memasang Scotlet Anti Sinar Matahari

Motor matic adalah salah satu jenis motor yang memiliki body gambot dan banyak striping sehingga perlu perawatan ekstra agar body tetap terlindungi. Meskipun kelihatannya sepele, scotlet adalah satu cara melindungi striping motor dari berbagai hal seperti goresan dan sinar matahari. Adakalanya, lahan parkir tempat meletakkan motor tidak teduh sehingga bisa mengancam pengelupasan striping dan memudarnya cat.  Dengan menggunakan scotlet terutama yang berwarna cerah maka hal ini dapat meminimalisir kemungkinan pemudaran cat akibat sinar matahari dan goresan. Sehingga penampilan motor selalu indah terjaga.

4. Mengganti Spare Part yang Rusak

Cara merawat motor matic yang keempat adalah jangan menunda untuk penggantian spare part yang rusak. Karena, saat spare part yang rusak bisa berakibat menurunnya performa dan yang paling fatal dapat mengakibatkan kecelakaan. Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian tersebut misalnya lampu, speedometer, vanbelt, roler dan kampas rem.

Konsultasikan motor matic jika ada yang terasa aneh ketika mengemudi. Terlebih motor matic lebih banyak dimiliki oleh wanita yang notabene tidak begitu memahami tentang otomotif. Jadi, akan sangat penting untuk menanyakannya kepada teknisi di service center.

5. Mengisi Bahan Bakar Sebelum Habis

Pada poin sebelumnya, dijelaskan bahwa salah satu cara merawat motor matic adalah dengan menjaga performa mesin tetap “sehat”. Hal ini berkaitan pula dengan pengisian bahan bakar. Bahan bakar yang terlambat diisi akan mengakibatkan mesin terganggu lebih fatalnya jika motor matic yang dimiliki adalah motor matic injection karena kemungkinan kerusakan mesin akan lebih tinggi.

Jadi ketika indikator bahan bakar sudah rendah segeralah isi bahan bakar motor matic Anda. Selain itu selalu jaga agar indikator bahan bakar berfungsi secara normal hal ini untuk  menjadi tolak ukur Anda dalam menentukan pengisian bakar yang akurat.

Demikianlah  5 cara sederhana untuk merawat motor matic demi mempertahankan kualitas dan performanya. Secara garis besar ada 2 poin penting saat memiliki motor matic, yaitu berkonsentrasi pada mesinnya, serta tetap membuat penampilannya baik meskipun sudah berumur. Jadi, motor matic lama pun akan tetap terlihat gres dan kekinian. Selamat mencoba.

Show Comments