Tabloid NMax

Situs informasi seputar Yamaha Nmax, Modifikasi Nmax dan Berita Otomotif Indonesia

Tips Mengatasi Getar Pada Stang Motor Skutik Nmax

Tips Mengatasi Getar Pada Stang Motor Skutik Nmax - Baru – baru ini Yahama telah memperkenalkan salah satu produk terbaru mereka yang diberi nama dengan NMAX. Yamaha NMAX merupakan salah satu jenis motor matic yang dimiliki oleh Yamaha yang mana untuk desain motor ini memiliki desain yang sangat berbeda dengan generasi motor matic sebelumnya yang diperkenalkan oleh Yamaha.



Yamaha NMAX merupakan motor matic yang dirancang dengan memiliki body yang sangat besar yang mana desain ini bertujuan untuk membuat pengendara dari motor ini akan terasa sangat nyaman ketika perjalanan jauh, terlebih lagi karena desain dari NMAX ini memiliki posisi tempat duduk yang lebih tinggi. Hal inilah yang membuat setiap pengendara dari Yamaha NMAX tidak perlu membungkukkan badannya ketika harus mengendarai motor matic jenis ini.

Sementara jika kita melihat bagian depan dari Yamaha NMAX, kita akan melihat bahwa pada bagian lampu pemasangannya diposisikan berada di bagian tengah. Selain itu, lampu turningnya memang sengaja dipasang secara terpisah pada bagian sisi depannya. Untuk bagian stangnya sendiri, Yamaha NMAX memang sengaja memasang stang dengan model nacked atau tanpa menggunakan penutup apapun untuk semakin memberikan kesan bergaya pada motor tersebut.

Dengan kata lain, desain stang Yamaha NMAX jauh berbeda dengan generasi motor matic sebelumnya dan juga speedometer dari motor matic jenis ini terpasang menjadi satu dengan bagian body Yamaha NMAX. Sementara untuk bagian bawah stang dari motor ini telah disediakan tempat penyimpanan yang tentunya akan sangat membantu bagi pengendaranya untuk meletakkan barang – barang bawaannya.

Dengan semua keindahan dari Yamaha NMAX yang telah diberikan, ada salah satu kendala yang biasanya dialami oleh para pengguna motor matic tersebut yaitu kondisi stang yang bergetar. Sekilas memang masalah ini biasa saja dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan, namun jika misalnya anda mengendarai Yamaha NMAX dalam perjalanan jauh, maka tentunya akan memberikan rasa yang tidak nyaman bagi anda sehingga bisa mengganggu anda ketika berkendara.

Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan stang NMAX anda bergetar yang akan kita jelaskan pada kesempatan kali ini, sekaligus kita akan membahas mengenai tips mengatasi getaran pada stang NMAX.

Penyebab Stang NMAX Suka Bergetar


Berikut ini beberapa penyebab dari stang Yamaha NMAX yang bergetar:

  • Kondisi ban yang tidak bagus
  • Kondisi velg yang tidak bagus
  • Ada masalah pada bearing roda
  • Komstir yang bermasalah
  • Shockbraker yang sudah tidak presisi, dan lain sebagainya

Maka dari itu, kami juga akan memberikan beberapa tips mengatasi getaran pada stang NMAX yang bisa menjadi solusi bagi anda semuanya yang memiliki masalah pada motro matic anda tersebut.

1# Memperbaiki Laher

Tips mengatasi getaran pada stang NMAX yang pertama adalah dengan melihat kondisi laher pada motor anda. Perlu anda tahu bahwa salah satu penyebab dari stang motor anda yang bergoyang adalah karena laher yang sudah oblak atau sudah muali goyang.

Hal inilah yang membuat anda kemudian merasa tidak nyaman ketika berkendara atau berbelok karena stang motor anda tiba – tiba bergoyang. Biasanya laher bergoyang ini dikarenakan karena sudah kemasukan air ketika mencuci atau ketika terkena hujan, penyebab lainnya juga bisa karena anda sering berkendara di daerah yang memiliki kondisi jalan yang kurang bagus.

Adapun untuk cara mengatasinya tentunya tidak terlalu sulit karena anda hanya perlu untuk memperbaiki laher dan kemudian memberikan gemuk. Atau untuk cara yang lebih praktis dan juga jika kondisi laher motor anda sudah parah, maka anda hanya perlu menggantinya dengan laher yang baru yang nantinya anda juga harus memberikan gemuk agar supaya hasilnya juga bisa lebih maksimal.

2# Memperbaiki Piringan Cakram

Tips mengatasi getaran pada stang NMAX yang kedua adalah dengan memperbaiki piringan cakram. Perlu anda tahu bahwa maslah stang yang bergetar bukan hanya terletak pada bagian laher saja, namun masalah yang juga umum terjadi adalah karena piringan cakram Yamaha NMAX anda sudah bengkok.

Adapun cara yang harus anda lakukan untuk mengetahui apakah piringan cakram motor matic anda bengkok atau tidak adalah dengan melepaskannya kemudian anda cukup meletakkan piringan tersebut di atas kaca, jika anda menemukan bahwa piringan cakram tersebut bergoyang, maka tentunya cakram motor anda mengalami masalah.

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengetahui kondisi cakram adalah dengan melihat kampasnya, jika misalnya anda menemukan bahwa kampas rem telah habis namun tidak merata, maka kemungkinan besar pada waktu itu cakram rem tersebut sudah bergoyang.

Maka pada kasus ini yang harus anda lakukan adalah dengan mengganti piringan cakram tersebut dengan yang baru. Kami sarankan agar anda membeli piringan cakram yang memiliki merk terkenal karena hal ini berguna untuk menjaga kualitasnya meskipun mungkin anda harus merogoh kocek yang sedikit lebih mahal.

3# Memperbaiki Velg

Tips mengatasi getaran pada stang NMAX yang ketiga adalah dengan memperbaiki velg motor anda. Sekedar informasi bahwa kondisi jalan yang kurang baik seperti yang ada di pedesaan atau jalan yang berlubang bisa menjadi sebab velg motor anda bengkok.

Kondisi ini tidak bisa anda remehkan begitu saja karena bisa membahayakan anda ketika anda berkendara dalam perjalanan jauh karena bisa beresiko membuat anda jatuh dari motor. Maka dari itu, anda bisa melakukan pengecekan terhadap velg Yamaha NMAX anda dengan memutar bannya.
Jika misalnya anda melihat bahwa ban tersebut bergoyang atau tidak seimbang maka besar kemungkinan bahwa velg tersebut kondisinya kurang bagus. Maka anda bisa menyetel velg tersebut sehingga nantinya tidak membuat stang NMAX bergoyang lagi.

4# Memperbaiki Komstir

Tips selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi getaran pada NMAX anda adalah dengan memperbaiki komstir. Kondisi komstir yang sudah mulai bermasalah adalah ketika misalnya stang anda bergoyang dan juga terasa berat ketika anda berbelok. Kondisi ini jika dibiarkan maka akan menyebabkan stang anda semakin bergetar yang tentunya membuat anda merasa tidak nyaman ketika mengendarai motor matic anda. Maka dari itu, anda bisa melakukan perbaikan komstir dengan cara mengencangkan komstir tersebut.

Namun jika misalnya kondisi ini masih tetap membuat stang motor anda bergoyang, maka tentunya anda harus mengganti komstirnya sehingga bisa membuat motor NMAX anda nyaman kembali.

5# Memperbaki Shockbreaker Depan

Tips mengatasi getaran pad stang NMAX yang terakhir adalah dengan memperbaiki kondisi shockbreaker bagian depan. Mungkin anda sudah tahu bahwa salah satu penyebab shockbreaker mengalami masalah adalah karena kondisi jalan yang tidak bagus.

Anda bisa melakukan pengecekan dengan mengamati jika misalnya shockbreaker anda mengeluarkan oli, maka hal ini bisa menjadi indikasi bahwa shockbreaker anda sudah dalam kondisi yang tidak bagus.

Yang harus anda lakukan adalah dengan mengganti sealnya. Untuk kondisi yang lebih parah, maka langkah yang harus anda lakukan adalah dengan mengganti shockbreaker tersebut dan jangan lupa anda harus mengganti olinya juga dengan takaran yang sama antara bagian kiri dan kanan.


Show Comments