Tabloid NMax

Situs informasi seputar Yamaha Nmax, Modifikasi Nmax dan Berita Otomotif Indonesia

Cara Memanaskan Mesin Motor Injeksi Secara Benar

Teknologi terus berkembang, termasuk di dunia otomotif. Saat ini hampir semua sepeda motor sudah meninggalkan sistem karburator dan beralih ke sistem injeksi yang lebih irit dan ramah lingkungan.

Tentu semua itu tetap ada kekurangan dan kelebihannya. Namun dibalik alih teknologi ini terkadang muncul pertanyaan apakah cara memanaskan motor injeksi dan karburator itu sama saja atau berbeda?.


Pertanyaan yang simpel namun ternyata tak semua orang mengetahuinya. Nah dalam artikel ini Kami akan memberikan tips cara yang benar dalam memanaskan mesin motor matic injeksi khususnya motor Yamaha Nmax.

Kalau dahulu cara memanaskan motor dengan sistem karburator memang cukup lama dan harus memutar handle gas alias di geber geber. Namun ternyata untuk memanaskan motor injeksi seperti Yamaha Nmax maupun motor injeksi lainnya sangatlah berbeda.

Saat memanaskan mesin motor Nmax ataupun motor injeksi lainnya, Kita tidak perlu berlama lama apalagi sampai di geber geber. Cukup nyalakan motor selama 30 sampai 60 detik sudah cukup. Hal ini dengan asumsi motor dinyalakan dari keadaan dingin setelah tidak dinyalakan selama 12 jam.

Kenapa kok cuma sebentar? Apa benar benar sudah panas itu mesin motornya?.  Ya memang cukup sebentar saja dalam memanasi mesin motor injeksi, karena sudah diatur oleh Engine Contoh Module (ECM).

Cukup dengan memanasi selama 30 detik, oli sudah mampu bersirkulasi dengan baik pada putaran mesin stasioner. Sehingga Kamu tak perlu memanasi motor berlama lama dan juga tak perlu di geber.

Terlalu lama memanaskan mesin motor injeksi justru akan  menimbulkan pemborosan bahan bakar. Bahkan hal ini juga dapat membuat knalpot cepat panas sehingga memengaruhi umur dari cat knalpot motor Kamu.

Sebenarnya meski tanpa dipanaskan, motor injeksi seperti Yamaha Nmax sudah siap untuk dibawa berkendara. Dan kecil kemungkinan muncul gejala mesin brebet seperti pada motor dengan sistem karburator.

Semoga tips tentang cara memanaskan mesin motor injeksi ini dapat bermanfaat bagi Kamu yang mungkin belum mengetahui cara yang benar. Selain untuk motor Nmax, tips ini juga berlaku untuk motor injeksi lainnya.

Jadi mulai sekarang jangan di biasakan memanasi motor injeksi dengan cara di geber berlama lama.

Show Comments