Tabloid NMax

Situs informasi seputar Yamaha Nmax, Modifikasi Nmax dan Berita Otomotif Indonesia

Tips Membeli Motor Matic Bekas

Membeli motor bukanlah perkara sembarangan, semua harus diperhitungkan mulai dari harga dan juga tujuan penggunaannya. Termasuk dalam membeli motor matic bekas pun terdapat tips tips yang patut kamu ikuti agar tak menyesal di kemudian hari.


Karena bagaimanapun membeli motor bekas perlu ketelitian demi memastikan apakah si motor second tersebut masih dalam kondisi prima. Beda cerita jika kamu membeli motor matic baru, tentunya semua komponen motor tersebut masih baru dan tak bermasalah.

Di zaman sekarang ini motor matic memang menjadi motor yang paling laris bak kacang goreng. Namun jika kamu belum mampu membeli motor matic baru secara cash sebaiknya jangan memaksakan kredit. Saya sarankan kamu lebih baik membeli motor matic second saja.

Selain lebih murah, beli matic bekas memiliki keunggulan lain diantaranya jika kamu beruntung kamu dapat menemukan motor matic yang terawat dengan harga murah. Kemudian motor juga bisa langsung kamu pakai karena surat-surat kendaraannya sudah tersedia.

Pun begitu meminang motor skutik bekas juga memiliki kekurangan yaitu kita tidak pernah benar-benar tahu bagaimana riwayat penggunaan motor tersebut. Maka dari itu akan ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika memilih motor matic second.

Dan di dalam artikel ini kami akan membantu kamu dalam memilih motor matic bekas yang berkualitas. Kami juga akan mengulas beberapa poin pengecekan yang wajib kamu lakukan saat mencoba motor matic bekas.

Pengecekan Motor

Pengecekan motor melingkupi poin-poin penting yang harus kamu cek di motor bekas yang akan kamu beli. Kalau kamu merasa kurang pintar tentang permotoran, ada baiknya ajak teman kamu yang mengerti tentang otomotif dan seluk beluknya.

1. Pengecekan Body Keseluruhan

Ini mudah, cek keseluruhan body motor mulai dari ujung depan hingga belakang. Lihatlah apakah ada goresan atau bahkan retakan pada body motor.

Lihat juga dengan baik-baik pada batok lampunya apakah ada garis retakan. Pengecekan ini penting untuk mengetahui kemungkinan si motor pernah mengalami kecelakaan sebelumnya.

Cek juga di bagian rangkanya apakah terdapat karat-karat yang mengganggu pandangan. Perhatikan juga di bagian knalpot karena daerah ini cukup rawan karatan.

2. Pengecekan Mesin Motor

Cek mesin motor secara visual terlebih dahulu, amati dengan sesama apakah ada tanda-tanda kebocoran oli. Jika terdapat sedikit saja kebocoran oli, sebaiknya hindari membeli motor tersebut daripada kebocorannya kian parah di kemudian hari.

3. Pemeriksaan Kelistrikan

Kelistrikan merupakan salah satu poin krusial yang wajib kamu cek saat memilih motor matic bekas. Pastikan motor dapat dinyalakan dengan electric starter dan juga saat di engkol, intinya pastikan kedua alat tersebut berfungsi.

Berikutnya periksa semua lampu pada motor, pastikan semuanya dapat menyala mulai dari headlamp, lampu sein dan juga stoplamp. Tes juga klaksonnya apakah dapat dibunyikan atau tidak.

Panduan Membeli Motor Matic Bekas

Berikutnya kami akan memberikan beberapa tips sederhana dalam memilih motor matic bekas. Panduan ini bersifat tips dasar jual beli diluar poin-poin pengecekan motor bekas yang akan kamu beli.

1. Usahakan beli motor bekas yang memiliki plat nomor masih satu provinsi dengan alamat kamu

Hal ini penting karena menyangkut biaya balik nama motor kamu di kemudian hari. Motor dengan plat nomor yang beda provinsi dengan alamat kamu akan dikenai biaya pencabutan berkas saat kamu akan mengurus proses balik nama.

Jadi pertimbangkan juga poin ini walaupun kamu mendapat penawaran harga yang cukup menarik. Demi kemudahan dan keringanan biaya proses balik nama nantinya.

2. Cek Harga Pasaran

Berbeda dengan motor baru yang harganya relatif sama, persaingan harga pasaran motor matic bekas cenderung banyak yang berbeda-beda tergantung penjualnya. Kalau kamu buta soal harga, lebih baik cek dulu harga pasaran motor matic bekas idaman kamu di situs-situs jual beli, majalah tentang otomotif atau di tabloidnmax.

3. Ketemuan di rumah pemilik motor

Jika kamu membeli motor melalui situs jual beli online seperti olx, sebaiknya lakukan ketemuanlah di rumah si penjual. Agar di kemudian hari kamu dapat menemuinya di rumah jika terjadi hal hal yang tak diinginkan pada motor yang kamu beli.

4. Periksa Kelengkapan Surat Motor

Cek semua surat-surat pada motor tersebut meliputi BPKB dan STNK. Periksa juga apakah motor tersebut menunggak pajak, jika ada penunggakan pajak sebaiknya negosiasikan lagi meminta harga lebih murah demi menutupi biaya penunggakan pajak tersebut.

5. Lakukan Tes Ride

Mintalah kepada si penjual untuk mencoba melakukan test ride terlebih dahulu demi merasakan kondisi motor tersebut. Pastikan rem nya pakem, ban nya stabil dan tidak geal-geol, kondisi body tidak bergetar.

Pastikan juga apakah V belt motor matic bekas tersebut masih dalam kondisi bagus. Biasanya V belt yang sudah rusak akan menimbulkan getaran saat motor matic pertama kali di gas atau akselerasi.

Penutup

Demikianlah beberapa tips membeli motor matic second yang akan kamubeli. Semoga panduan dari kami dapat membantu kamu memilih matic bekas yang berkualitas. Simak juga tips otomotif lainnya hanya di tabloidnmax.


Show Comments