Tabloid NMax

Situs informasi seputar Yamaha Nmax, Modifikasi Nmax dan Berita Otomotif Indonesia

Cara Melepas Busi Yamaha Nmax Secara Benar

Busi adalah komponen terpenting dalam sistem pengapian sepeda motor. Maka dari itu penting bagi pemilik kendaraan untuk bisa mengecek dan mengetahui kondisi busi pada motornya.

Sayangnya ternyata tidak semua orang tahu cara bongkar pasang busi motor mereka sendiri. Mungkin untuk melepas busi pada motor bebek atau motor sport tidaklah terlalu sulit karena posisi ya mudah dijangkau tanpa banyak melepas komponen body motor.


Akan tetapi cara membuka busi pada motor matic seperti Nmax sangatlah berbeda dibanding motor bebek. Sebenarnya caranya tidaklah sulit, hanya saja banyak orang yang belum tahu atau belum terbiasa.

Dan di dalam artikel ini Kami akan memberikan tips mengenai cara melepas busi pada Yamaha Nmax. Posisi busi Yamaha Nmax yang memang ngumpet mengharuskan Kita untuk membuka footboard motor.

Secara keseluruhan, cara melepasnya tidaklah sulit. Tips ini Kami buat sesederhana mungkin agar Kamu yang awam di bidang otomotif pun dapat mempraktekkannya sendiri.


Cara Melepas Busi Yamaha Nmax :

1. Bukalah cover panel silver yang terdapat di dekat footboard sebelah kanan. Lepaslah dua baut L yang ada di depan dan satu baut L di belakang yang ada di dekat footstep boncenger.

2. Buka karet footboard yang atas dan bawah, disana terdapat 2 buah baut 10 mm, bukalah keduanya. Kemudian buka 3 buah clip dari kolong depan dan 3 buah clip yang ada di bawah footboard.

Cara membuka clip ini adalah dengan menekan pada bagian tengah clip, tahanlah hingga payungnya terangkat sendiri.

3. Lepas footboard, maka Kamu akan melihat kepala silinder disana. Pada kepala silinder itulah terdapat cop busi, tahanlah cop tersebut sampai lepas.

Selanjutnya Kamu tinggal melepas businya, gunakan kunci ring ukuran 16 untuk melepasnya.

4. Kemudian pasanglah busi baru Kamu, selanjutnya tinggal dirakit seperti semula.


Mudah bukan tutorial melepas busi Yamaha Nmax tersebut. Kalau kamu bisa melepas dan memasang sendiri busi di motor Kamu tentu itu lebih baik bukan daripada sedikit sedikit ke bengkel.

Selain membuat Kamu makin mengenal jeroan motor sendiri, Kamu juga dapat menambah ketrampilan yang bisa bermanfaat kapan saja.

Sedikit tips merawat busi adalah dengan rutin mengecek tiap 3000 km dan lakukan penggantian busi pada 6000 km. Bila Kamu abai dengan perawatan busi maka siap siaplah motor Kamu menjadi sulit di strater, dan tentunya hal itu akan sangat menjengkelkan.

Jenis busi yang dapat kamu pertimbangkan untuk Yamaha Nmax adalah busi iridium, bisa merk NGK maupun Denso. Karena busi iridium dipercaya dapat meningkatkan performa motor.

Sekian artikel tips melepas busi matic Nmax ini, semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi Kamu para Nmax rider. Simak juga tips tips lainnya seputar Yamaha Nmax hanya di tabloidnmax.


Show Comments